8 Tips Agar Suami Ikut Pelatihan Parenting dengan Senang Hati

8 Tips Agar Suami Ikut Pelatihan Parenting dengan Senang Hati  – Abah menerima pertanyaan dari moms mengenai cara mengajak suami mengikuti pelatihan parenting.Abah, bagaimana caranya mengajak suami agar mau ikut belajar parenting Abah Ihsan di pelatihan PSPA?”

Nah, dari pertanyaan di atas ada beberapa tips yang bisa menjadi inspirasi. Barangkali bisa dicoba dari pengalaman moms di berbagai kota, berikut ini:

 

1. Berdoa

Tak sedikit alumni yang berkata orang yang tergerak ikut PSPA itu adalah orang yang seperti dapat “hidayah”. Karena tak mudah mengajak orang belajar sampai 2 hari dan dengan pembicara yang “tidak terkenal di televisi”. Jadi, berikan doa terbaik Anda. Minta pada Dzat yang punya suami: Allah SWT. Agar  sang suami dimudahkan hatinya untuk tergerak ikut.

Tak sedikit perempuan yang tadinya sudah buntu, tiba-tiba menjelang hari H suaminya berubah pikiran jadi bersedia ikut pelatihan parenting.

 

2. Jaga lisan

Saat mengajak suami, berdoa juga agar lisan kita dimudahkan menemukan kata-kata terbaik. Sedapat mungkin tidak menggunakan kalimat paksaan atau yang menekan.

 

3. Bagikan artikel

Beberapa pekan sebelum mengajak, bagikan artikel pilihan Abah Ihsan sedikit demi sedikit untuk dibaca. Ada sekitar 13 artikel yang sudah dipilih untuk menambah kekuatan kepo orang yang ingin diajak. Jika ingin dikirimi 13 artikel yg dimaksud, silahkan email ke inspirasipspa@yahoo.com dengan judul “mohon kirim 13 artikel terpilih” ya.

 

8 Tips Agar Suami Ikut Pelatihan Parenting dengan Senang Hati

8 Tips Agar Suami Ikut Pelatihan Parenting dengan Senang Hati – Gambar©Abah Ihsan

 

4. Berikan rayuan terdahsyat Anda

Boleh juga kalau mau pakai wajah memelas. “Jika ayah ikut, ini akan menjadi kado terindah yang pernah ibu dapatkan dari ayah.”

 

8 Tips Agar Suami Ikut Pelatihan Parenting dengan Senang Hati

 

5. Berikan jaminan

“Ayah, coba saja sampai zuhur. Kalau bosan dan enggak bermanfaat boleh pulang kok sama panitia. Uang akan dikembalikan 100 persen, Insya Allah.”

 

6. Minta temani 

Jika si istri belum pernah ikut juga sebelumnya coba pakai jurus “Ayah cuma menemani saja, kok. Biar ibu yang belajar. Sampai siang saja! Ayah boleh pulang kalau capek!”

 

8 Tips Agar Suami Ikut Pelatihan Parenting dengan Senang Hati

8 Tips Agar Suami Ikut Pelatihan Parenting dengan Senang Hat – Gambar©Abah Ihsani

 

7. Meminjam orang lain

Ada beberapa perempuan yang meminta bantuan “mulut” orang lain sehingga suaminya jadi bersedia. Orang lain ini adalah orang yang sebaiknya dihormati suami. Misalnya ustadz-nya, musyrif atau murobbinya, gurunya, atasannya, sahabatnya, orang tuanya, dan lain-lain. Kan, enggak enak tuh kalau atasan atau guru besarnya yang mengundang suami!

 

8. Bayarin

Ada beberapa laki-laki dengan alasan biaya menyayangkan jika ikut pelatihan parenting. Nah, jika tidak menyinggung bayarin saja pakai tabungan kita. Atau pakai skenario no tujuh. Minta orang-orang nomor 7 itu seolah-olah yang bayarin. Padahal uangnya dari kita.

 

Coba saja dulu 8 tips di atas ini. Kalau belum berhasil, tidak apa-apa yang penting kita sudah berikhtiar. Jangan memakai cara-cara yang ekstrim. Meski berhasil, kami tidak setuju. Ada yang memakai ancaman gugat cerai kalau sang suami tidak mau ikut dan lain sebagainya. Itu tidak boleh ya, Moms! Hahaha

 

Semoga artikel parenting “8 Tips Agar Suami Ikut Pelatihan Parenting dengan Senang Hati” ini bermanfaat. Terima kasih sudah membaca, silahkan di share :D. 

Wassalamualaikum

Ingin lebih pede menjadi orang tua di zaman now? Segera dapatkan tips terbaik dari pakar parenting, klik di sini yuk

Baca juga:  

3 Langkah Agar Anak Tidak Kecanduan Bermain Smartphone

Parenting di Era Milenial yang Sejalan dengan Sunah Rasulullah

5 Tips Agar Anak Cinta Masjid dan Aktivitas Ibadah di Masjid

 

 

 

===

Penulis: Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari (Abah Ihsan). Editor: TS, WPU