Cara Menghilangkan Kebiasaan Anak yang Sering Memainkan Kemaluannya

Cara Menghilangkan Kebiasaan Anak yang Sering Memainkan Kemaluannya – Ada sebagian orang tua yang khawatir melihat anak mereka yang belum baligh seringkali memegang organ kemaluannya. Sebenarnya mudah mengatasinya, agar Ayah Bunda lebih memahami akan dibahas terlebih dahulu alasan anak-anak ini melakukannya.  Simak yul pembahasannya di bawah ini

 

Hal di atas seringkali menjadi pikiran sebagian orang tua. Kekhawatiran tersebut seharusnya tidak ditindak dengan berlebihan.

Harus dipahami, secara fisik, anak-anak ini belum baligh. Belum baligh artinya anak-anak tersebut belum matang organ-organ seksualnya. Jadi maaf, dia tidak akan pernah merasakan “sensasi” seperti orang dewasa. sehebat apapun stimulasi dari luar, dia tidak akan pernah mengeluarkan sperma atau ovum.

Tapi ini tidak berarti kalau anak mulai agak menyimpang kita sebagai orang tuanya menjadi santai. Namun, jangan panik dan menghakimi secara berlebihan.

Sebagai orang tua kita harus bisa menempatkan diri berada di posisi anak. Mengapa anak-anak kecil ada yang melakukan aktivitas seksual seperti orang dewasa?

 

Berikut ini penjelasannya, yaitu:

1) Dia melakukan peniruan. Sifat peniruan adalah kebutuhan anak. Dia membutuhkan referensi berperilaku. Jadi, dia hanya ingin merasakan apa yang dia lihat, ingin mencoba apa yang dia dengar. dan seterusnya.

 

Cara Menghilangkan Kebiasaan Anak yang Sering Memainkan Kemaluannya

Cara Menghilangkan Kebiasaan Anak yang Sering Memainkan Kemaluannya – Gambar©arrahman.id

 

Aktivitas itu bisa anak tiru dari obrolan teman, tayangan yang dia lihat bahkan memergoki orang tua yang melakukan aktivitas seksual. Itulah sebabnya kenapa harus meminta izin jika akan masuk ke kamar orang tua. Itu sebabnya dalam Islam hal tersebut tabu. Jangankan memperlihatkan, menceritakan aktivitas seksual saja haram hukumnya.

 

2) Dia hanya ingin mengenali tubuhnya. Saat memegang kemaluan, apakah anak nyaman? Tentu saja. Tapi nyaman di sini tidak selalu berarti bermakna erotis bagi anak. Nyaman di sini sama seperti kita nyaman memeluk guling dan lain-lain. Kemaluan adalah salah satu bagian tubuh yang suhunya terjaga. Jadi saat kedinginan atau ada hal lain yang dirasakan anak, biasaanya dia jadi nyaman jika menyentuhnya dan sebab lainnya.

Jadi, apa yang harus dilakukan oleh orang tua saat melihat anaknya baik perempuan atau laki-laki sedang memegang kemaluannya? Ajarkan soal menjaga kebersihan tangan dan kemaluan. Itu saja.

 

Cara Menghilangkan Kebiasaan Anak yang Sering Memainkan Kemaluannya

Cara Menghilangkan Kebiasaan Anak yang Sering Memainkan Kemaluannya – Gambar©johnsonsbaby.co.id

 

Berulang kali ditegaskan soal tidak boleh melakukan aktivitas menyentuh kemaluan secara berlebihan. Jika sudah baligh, orang tua dapat mengajarkan tentang pendidikan seksual. Dan itu hukumnya wajib, ya.

 

Semoga artikel parenting “Cara Menghilangkan Kebiasaan Anak yang Sering Memainkan Kemaluannya” ini bermanfaat. Terima kasih sudah membaca, silahkan di share :D. 

Wassalamualaikum

Ingin tahu lebih banyak tips menjadikan anak bahagia, aktif dan bersemangat? Mari belajar langsung dari pakar parenting zaman now, klik di sini yuk

Baca juga:  

Pro Kontra Menitipkan Anak: Outsourcing, Kakek Nenek atau Daycare?

Parenting di Era Milenial yang Sejalan dengan Sunah Rasulullah

===

Penulis: Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari (Abah Ihsan). Editor: TS, WPU